Thursday 27 June 2013

cara membuat Efek Siang ke Malam dan Efek Lampu Photoshop

efek lampu pada photoshop
Pada tutorial Photoshop kali ini kita akan mempelajari cara mengubah foto siang hari menjadi foto malam hari. Dan juga akan kita pelajari cara membuat efek lampu photoshop. Dengan menggandakan layer background kemudian mengatur adjustment level pada layer kita bisa membuat foto pada waktu siang hari menjadi malam hari. Untuk membuat efek cahaya lampu bisa dilakukan dengan menggandakan layer background kemudian mengatur hue/saturation sehingga diperoleh warna oranye pada layer seperti warna cahaya lampu. Selanjutnya adalah membuat layer mask pada layer efek malam hari. Kemudian dengan menggunakan brush kita hapus pada obyek-obyek seperti lampu atau jendela sehingga warna oranye dari layer di bawahnya akan muncul dan menghasilkan efek cahaya lampu. Untuk lebih jelasnya ikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka file foto yang akan anda edit menjadi foto malam hari dengan menekan tombol Ctrl+O. Pada kotak dialog open file, pilih foto anda kemudian klik tombol Open.
Buka File pada Photoshop
Gambar: Foto yang akan diubah menjadi foto malam hari.
2. Gandakan layer Background untuk membuat efek cahaya lampu. Klik pada layer background kemudian tekan Ctrl+J. Pilih menu “Image”, “Adjustment” kemudian “Hue/Saturation…”. Pada kotak dialog centang checkbox Colorize. Geser slider Hue ke warna oranye. Slider Saturation geser ke kanan untuk menambah warna oranye. Slider Lightness geser ke kanan secukupnya untuk menambah tingkat cahaya. Kemudian klik tombol OK.
Layer Efek Lampu
Gambar: Layer untuk efek lampu.
3. Gandakan kembali layer background untuk membuat efek foto malam hari. Klik layer background. Tekan tombol Ctrl+J untuk menggandakan layer background. Akan terbentuk layer dengan nama Background copy. Drag layer ini ke urutan teratas. Kemudian pilih menu “Image”,”Adjustment”, “Levels…”. Padak kotak dialog Levels, geser slider pada Output Levels ke arah kiri agar diperoleh efek foto malam hari.
Layer efek Malam hari
Gambar: layer untuk efek malam hari.
4. Buat layer mask untuk layer efek malam hari. Klik icon Add Layer Mask yang terletak di bagian bawah layer palette.
Buat Layer Mask
Gambar: Buat Layer Mask pada layer efek malam hari.
5. Sapu obyek-obyek pada foto seperti jendela atau lampu menggunakan Brush Tool. Tekan huruf D pada keyboard untuk mereset warna foreground/background ke default. Pastikan warna foreground sudah berwarna hitam. Klik icon Brush Tool pada Tool palette. Pada option bar, atur ukuran brush size sesuai dengan foto anda. Atur hardness 50% dan opacity 100%. Sapu brush tool pada bagian-bagian foto yang ingin anda berikan efek cahaya lampu. Untuk mengatur ukuran brush, anda bisa menggunakan tombol keyboard [ untuk memperkecil ukuran brush dan ] untuk memperbesar ukuran brush. Atur opacity pada option bar untuk menyesuaikan kuat atau lemahnya efek cahaya lampu. Anda bisa menggunakan Polygonal Lasso Tool untuk melindungi area yang sempit.
Reset Foreground/background
Gambar: Pastikan foreground berwarna hitam.
Icon Brush Tool
Gambar: Icon Brush Tool pada Tool Palette.
Brush Size
Gambar: Atur ukuran brush pada option bar.
Polygonal Lasso Tool
Gambar: Gunakan Polygonal Lasso Tool untuk melindungi area-area sempit.
Brush pada Jendela
Gambar: Sapukan Brush Tool pada Jendela.
Berikut ini hasilnya:
efek malam photoshop
Gambar: Efek Malam Photoshop.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Template by:

tria33 Blog Templates