Wednesday 24 April 2013

Antisipasi Kerusakan Windows 7 dengan Membuat CD Repair (System Repair Disc)

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki Windows 7 adalah bahwa sistem operasi ini memungkinkan kita membuat sebuah repair disk sehingga kita dapat menggunakannya ketika sistem operasi Windows 7 kita bermasalah. Kita dapat menggunakan disk recovery ini untuk mengakses system recovery options untuk memperbaiki permasalahan yang terjadi pada Windows 7 kita.

Sebelum melangkah pada proses repair Windows 7, yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah system repair disc / CD repair. Proses pembuatan CD repair hanya bisa dilakukan pada komputer / laptop yang memiliki CD / DVD Drive. Jika untuk laptop jenis netbook yang tidak memiliki perangkat keras untuk CD, mungkin bisa diatasi dengan CD / DVD eksternal. Untuk cara membuat CD repair Windows 7, ikulti langkah-langkah di bawah ini:

1. Masukan kepingan CD / DVD kosong ke dalam CD / DVD Drive
2. Klik Start > Ketikan pada kotak searc create a system > klik Create a system repair disc

cara membuat cd repair windows 7

3. Pilih letak CD / DVD kosong yang akan dibuat sebagai CD repair, lalu tekan Create dan proses pembuatan CD repair akan berjalan
 
4. Ketika proses selesai dan saat itu muncul jendela baru agar di close saja.

Sampai disini proses pembuatan CD repair Windows 7 telah selesai. Selanjutnya kita akan melangkah ke proses selanjutya yaitu memperbaiki Windows 7 dengan CD repair yang telah kita buat tadi. Berikut langkah-langkahnya;

Cara Menggunakan CD Repair Windows 7

Pastikan settingan BIOS kawan boot dari CD / DVD menjadi prioritas boot pertama !
1. Masukkan CD repair lalu restart komputer kawan. Saat komputer menyala maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini

cara membuat dan menggunakan cd repair windows 7

2. Pilih Windows Setup [EMS Eneble] dan tekan Enter
3. Muncul tampilan Windows Recovery Options, pilih opsi yang paling atas Use recovery tools kemudian tekan Next

cara membuat dan menggunakan cd repair windows 7

4. Silahkan pilih jenis perbaikan sesuai dengan masalah yang terjadi pada Windows 7 kawan. Kemudian klik Restart, jika telah selesai menggunakan klik Shutdown

cara membuat dan cd repair windows 7

Startup Repair : Sebuah upaya untuk mengatasi masalah startup. Langkah ini dipilih jika Windows 7 gagal startup dalam arti kita tidak bisa masuk ke Windows saat komputer dinyalakan.

System Restore : Mengembalikan settingan Windows 7 sebelum terjadi masalah . Cobalah untuk mengingat waktu dimana saat itu Windows 7 masih bisa berjalan normal dengan perkiraan terbaik kawan. Kawan bisa memilih titik restore berdasarkan tanggal dan waktu. Kita mungkin akan kehilangan program yang terinstall pada C, tetapi hal ini tidak akan menghilangkan data pada disc D atau disc E.

System Image Recovery : Pilih opsi ini jika dua cara sebelumnya tidak mampu memperbaiki masalah. Namun langkah ini bisa dilakukan jika sebelumnya kita pernah membuat file backup system image recovery. Jika tidak, langkah ini tidak bisa digunakan.

Windows Memory Diagnostic : Pernaukan dengan cara memeriksa hardware (RAM / memori). Langkah diagnostik tidak akan membuat masalah baru dan ini hanya akan  mengungkap alasan PC Anda hang atau crash.

Command Prompt : Ini merupakan langkah perbaikan dengan mengetikkan perintah pada program command prompt jika memang paham betul dengan kode perintah untuk memperbaiki windows.

Ada lima cara yang bisa kita lakukan seperti yang disebutkan di atas. Namun rekomendasi terbaik adalah salah satu dari tiga langkah yang pertama. Sekian atikel tentang cara memperbaiki Windows 7 untuk kali ini. Semoga tutorial di atas bisa dipahami dengan mudah oleh kawan yang masih newbie seperti saya ini. Hehe

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Template by:

tria33 Blog Templates