Wednesday 31 October 2012

Tingkatan ninja pada film animasi Naruto



Tingkatan Ninja Naruto
Film animasi Naruto emang lagi ngetrend banget, hampir semua orang suka Naruto, mulai dari anak-2 sampe remaja, bahkan orang tua juga banyak yang suka, termasuk gue sendiri. Mungkin kamu-2 udah banyak yang tau tentang “tingkatan ninja Naruto”, tapi buat yang belum tau, kali ini gue pengin nge’bahas tingkatan ninja dalam naruto.
Dalam anime dan manga Naruto, tingkatan ninja menandakan tingkatan
-2 yang di bagi berdasarkan kemampuan seorang ninja dalam melalui ujian yang diberikan para petinggi desa.
Penduduk yang tinggal di desa Konoha, desa asal tokoh utama Naruto melewati beberapa ujian sebelum ia bisa disebut ninja, dan mendapatkan tingkatan sesuai dengan kemampuannya. Tidak semua ninja ditingkatan yang sama memiliki kemampuan yang sama, begitu juga seorang ninja dengan tingkatan rendah mungkin memiliki kemampuan yang lebih besar daripada ninja di tingkatan atasnya.
Sebagai tambahan, terdapat beberapa tingkatan jabatan atau gelar khusus yang dapat diterima seorang ninja. Jabatan dan gelar ini berbeda dengan tingkatan normal, seorang ninja mungkin memiliki gelar yang sama dengan seorang yang tingkatan normalnya lebih tinggi atau lebih rendah daripada ninja tersebut.
“Tingkatan resmi”
- Murid Akademi
Tingkatan Ninja Naruto
Akademi adalah tempat calon-2 ninja memulai latihannya; mereka belum bisa disebut sebagai ninja sebelum mereka lulus akademi. Murid-2 di akademi diberikan materi dan latihan-2 beladiri ninja tingkat dasar, seperti jurus “bunshin no jutsu”, “kawarimi no jutsu”, dll.
Setelah menjalani ujian dan lulus dari akademi, murid-2 akan menerima sebuah ikat kepala dari kain dengan sebuah lapisan metal ditengahnya, dan di atas lapisan metal tersebut tercetak lambang desa. Ikat kepala ini sering juga disebut dengan nama “pelindung kepala”.
- Genin
Tingkatan Ninja Naruto
Setelah lulus dari akademi, seorang alumnus akan diberi tingkatan genin. Para genin ini masih masuk kedalam bimbingan seorang Jounin.
Genin adalah ninja kelas rendah yang hanya menjalankan misi kelas D. Misi-misinya juga terkadang sangat sepele. Seperti menangkap kucing yang kabur, atau bersih-2 rawa. Biasanya para genin ditempatkan di tim 4 orang, dengan satu jounin pembimbing. Tetapi Naruto pernah diberi misi level C untuk mengawal tazuna, yang malah berubah menjadi misi level A karena adanya ninja pelarian yang menyerang.
Tim yang diisi genin adalah tim yang sudah ditentukan sebelumnya dan sudah dibagi ketika melakukan ujian kelulusan. Kakashi melakukan ujian yang amat sulit.
Setelah kiranya cukup mapan, para genin akan direkomendasikan menjadi chuunin di ujian chuunin. Tidak semua genin anak-2, ada pula yang sudah berusia setengah baya saking payahnya dalam hal “ninjutsu, genjutsu dan taijutsu” dan tidak pernah lulus ujian Chuunin.
- Chuunin
Tingkatan Ninja Naruto
Setelah para genin lolos ujian chuunin, mereka akan diangkat menjadi chuunin oleh hokage. Para chuunin sudah setingkat kapten tim dalam tim 4 orang. Terkadang chuunin juga dipasangkan dengan genin.
Para chuunin bisa mengambil misi tingkat B dan C. Misi yang dilakukan para chuunin tidaklah terlalu sulit, tetapi tetap beresiko dan berbahaya dibandingkan genin. Jumlah para Chuunin ini jauh lebih sedikit dibanding genin yang ada di dunia naruto. Tingkat kekuatan antara genin dan chuunin juga lumayan jauh. .
- Jounin
Tingkatan Ninja Naruto
Jounin atau “ninja elit” yang memiliki pangkat yang lumayan tinggi. Para Jounin ini adalah kekuatan utama sebuah desa tersembunyi, setelah “ANBU”.
Para Jounin biasa diberi misi untuk menyerang daerah musuh, pembunuhan, sabotase, dan sebagainya. Misi yang mereka emban mengharuskan mereka untuk berpikir cepat dan tidak boleh sembrono atau nyawa mereka akan melayang. Jounin bisa mengambil misi tingkat A dan tingkat S. Para jounin ini sangatlah kuat dan melawan mereka tanpa persiapan matang adalah tindakan bunuh diri.
Para jounin juga ada yang ditugaskan sebagai pembimbing tim genin rookie. Mereka juga bertindak sebagai guru bagi para genin tersebut.
- Jounin Spesial
Tingkatan Ninja Naruto
Jounin spesial memiliki tugas khusus seperti mengajar, medis dan sebagainya. Para ninja medis adalah jounin khusus yang tugasnya hanya mencari dan mengobati/memulangkan temannya yang terluka. Tapi tidak semua ninja medis adalah jounin spesial. Seperti Sakura dan Shizune.
- ANBU
Tingkatan Ninja Naruto
ANBU adalah “pasukan elit pembunuh rahasia” yang ditugasi untuk melakukan misi yang super berbahaya. Ketika melakukan misi, mereka tidak memakai nama dan tidak boleh melepas topengnya.
Para anbu biasa bertindak sebagai :
- mata-mata,
- Oinin ( ninja pemburu ),
- pemusnah mayat,
- pembunuhan rahasia,
- inteljen desa,
- maupun perlindungan terhadap hokage.
Mereka juga kebagian tugas menghadapi ninja kelas S yang kebanyakan ninja tidak ingin melawannya. Kakashi masuk tim anbu di umur 16 tahun, sementara itachi menjadi anbu pada umur 13 tahun dan menjadi ketua pada umur 15 tahun.
Para anbu bergerak secara misterius dan diam-diam. Para ANBU biasanya terdiri dari para Jounin. Di konoha, ada divisi anbu yang terpisah dan bergerak lebih rahasia lagi yang diberi sebutan ANBU “Roots” . Mereka dididik untuk menjadi mesin perang sempurna dan tanpa perasaan. Sai adalah anggota divisi ini. Mereka tidak punya nama, perasaan, rumah, keluarga, yang mereka punya hanyalah misi; itulah motto dari “roots”

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Template by:

tria33 Blog Templates