Saturday 20 October 2012

TIPS AGAR POSTINGAN MUDAH DI BACA PENGUNJUNG






Postingan (tulisan) merupakan salah satu faktor penting kesuksesan suatu blog. Postingan yang mudah dibaca akan membantu pengunjung memahami apa isi tulisan.
Sebagus apa pun tulisan Anda, bila tidak dibuat dalam struktur yang baik, tentunya akan susah dibaca pengunjung.
Bagaimana membuat struktur postingan mudah dibaca pengunjung? Berikut adalah 11 tipsnya yang merupakan pengalaman pribadi saya.
1. Ungkapkan Sumber Postingan. Apakah postingan tersebut dari pengalaman pribadi Anda, hasil penelusuran online Anda, terjemahan dari postingan berbahasa Inggris, kutipan dari tulisan orang lain, dan sebagainya. Dengan mengungkapkannya, pengunjung blog Anda akan merasa respek terhadap Anda.
2. Buat Paragraf yang Pendek. Umumnya terdiri dari 3-5 kalimat. Jika paragraf Anda panjang-panjang, pengunjung akan cepat bosan dan lelah.
3. Buat sub-judul postingan (jika diperlukan). Biasanya ini berupa poin-poin penting yang hendak Anda uraikan. Bila Anda menggunakan wordpress, sub judul baik digunakan dengan menggunakan format Heading 3.
4. Gunkan nomor atau bullet point. Ini cocok jika Anda menguraikan contoh yang tidak lebih dari 5 buah. Lihat contoh penggunaan bullet point di bawah ini:
  • Cara membuat Avatar di wordpress
  • Cara menginstal plugin di wordpress
  • Teknik meningkatkan alexa blog
5. Buat tabel. Ini cocok untuk menyenaraikan contoh atau daftar yang lebih dari 5 buah. Contohnya bisa Anda lihat di postingan saya mengenai Blogger face off pertama.
6. Sisipkan gambar yang cocok atau menarik. Hindari penggunaan gambar yang berlebihan (biasanya tidak lebih dari 3 buah). Ini bisa berupa foto hasil jepretan Anda, gambar dari internet, kartun, atau animasi.
7. Gunakan tata bahasa yang populer. Hindari menggunakan kata yang tidak dimengerti oleh orang umum, misalnya bahasa daerah, bahasa gaul, dan bahasa asing selain Bahasa Inggris.
8. Upayakan postingan tidak terlalu panjang. Biasanya ini tidak lebih dari 1000 kata. Bila Anda menggunakan WordPress, Anda bisa mengeceknya di wourd count (di bawah bodi postingan).
9. Tebalkan, miringkan, atau beri warna yang sesuai untuk beberapa kata yang Anda anggap penting. Ini akan memudahkan pembaca mengidentifikasi kata-kata tersebut.
10. Buat link ke tulisan terkait. Tulisan terkait ini bisa ke tulisan yang Anda miliki atau tulisan orang lain. Ini akan membantu pembaca untuk mengetahui lebih jauh topik yang sedang Anda ulas.
11. Baca kembali postingan Anda sebelum dipublikasikan (publish). Ini untuk mengidentifikasi kesalahan pengetikan atau alur penulisan yang tidak nyambung antar paragraf. Saya merkomendasikan Anda untuk membaca tulisan tersebut 2 atau tiga kaLI

SUMBER http://www.dealerindovision.com/2012/03/11-tips-agar-postingan-anda-mudah.html

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Template by:

tria33 Blog Templates