Sunday 5 May 2013

CARA AGAR BLOG LEBIH RINGAN KETIKA DIBUKA


Pengalaman ini saya dapat ketika membuka sebuah blog untuk download film baru. Bayangkan saja, sudah blognya penuh iklan, animasi flash disana-sini, link download-pun tidak serta merta kelihatan. Ketika link download di-klik masih harus melewati dua jendela iklan - adfly dan linkbucks – dan setiap jendela iklan akan membuka iklan pop-up. Sangat menjengkelkan. 

Sobat Blogger tentu senang jika blognya banyak dikunjungi, bukan? Betul sekali. Sebagus apapun sebuah website atau blog tidak akan berguna jika miskin pengunjung. Selain konten yang berguna, salah satu cara agar pengunjung rela kembali adalah membuat blog lebih ringan dibuka. Biasanya blog yang bermasalah saat loading adalah blog bertema multimedia, belajar SEO dan advertising.

Karena kecepatan adalah penting, pada postingan kali ini saya akan berbagi tips jitu agar blog sobat lebih mudah diakses.
 
  • Batasi Jumlah Postingan di Halaman Muka
Lamanya loading blog dipengaruhi jumlah posting yang tampil di halaman muka. Agar lebih cepat tampilkan 5 – 7 postingan saja. Cara mengatur jumlah postingan ini setelah masuk ke Dashboard, pilih Setting, kemudian pilih Post and Comments.   

  • Memasang Links, Widget dan Script Code Seperlunya
Blogger sudah menyediakan banyak widget yang bisa dipilih sesuka hati. Namun ada kalanya kita kurang puas dan menggunakan widget yang dibuat pihak ketiga. Biasanya dalam source code widget-widget ini ada link yang mengarah ke situs pembuatnya. Jelas ini akan membebani akses blog kita. Karena saat blog kita dibuka, secara tidak langsung juga memuat halaman situs pihak ketiga tadi. Jika kita tetap ingin memasang widget tersebut letakkan di bawah sidebar.
Posisikan diri sebagai pengunjung. Pikirkan apakah mereka butuh jam? Apakah mereka butuh animasi ikan yang berwarna-warni? Apakah mereka butuh lagu-lagu yang memutar otomatis? Jika merasa tidak perlu, lebih baik singkirkan widget yang tidak berguna. 

  • Minimalisir Gambar dan Video. Maksimalkan Teks
Kebanyakan orang membuka sebuah situs adalah untuk mendapatkan informasi. Jika kebetulan blog sobat butuh banyak gambar, maka susutkan ukuran file dan buatlah thumbnail. Jika harus meng-upload gambar ke situs pihak ketiga, periksalah apakah situs tersebut cukup ringan.
Sedapat mungkin minimalisir menggunakan file berekstensi .swf alias flash. Mengapa begitu? Ini karena tidak semua browser mendukungnya dan untuk menampilkan dibutuhkan plugin tambahan bernama Flash Player. Walaupun ukuran file ini terbilang kecil, namun ketika sudah tampil di browser akan membuat blog menjadi lebih berat.  
Yang terakhir adalah maksimalkan informasi berupa teks. Atur dalam paragraf yang rapi yang membuat mata nyaman membacanya. Secara keseluruhan sebuah blog yang menarik adalah simpel, bersih dan rapi. Selamat mencoba.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Template by:

tria33 Blog Templates