Sunday 5 May 2013

CARA MEMBUAT READ MORE DI BLOGGER DENGAN JUMP BREAK


Halo sobat blogger. Pada tutorial kali ini saya akan membahas bagaimana membuat read more di Blogspot. Tema ini sudah terbilang usang, namun banyak juga yang masih kebingungan. Sebetulnya ada banyak cara untuk membuat read more. Cara berikut ini termasuk yang paling mudah karena sobat tidak perlu mengedit kode HTML dan memasukkan kode javascript di template.

 “Jump Break” sebetulnya adalah fitur lama di Blogger.com, hanya saja banyak yang tidak mengetahuinya. Fungsinya adalah membuat read more dengan sangat mudah. Fitur ini dapat digunakan jika kita memakai template bawaan dari Blogger. Jika kita memakai template buatan pihak ketiga biasanya akan sulit – bahkan kadang tidak berjalan. Ini karena template-template tersebut ada yang sudah menyertakan auto read more didalamnya.

Langkah-langkah membuat auto readmore dengan jump break adalah sebagai berikut:
  • Masuk ke akun Blogger, kemudian buka blog yang akan dibuat postingannya.
  • Klik entri baru dan tulislah artikel.
  • Jika sobat rasa sudah cukup, klik ikon insert jump break. (lihat gambar)
  • Arahkan pointer kursor mouse pada tulisan atau paragraf yang ingin dibatasi. Berikutnya akan muncul garis putus-putus yang mirip kertas terpotong. Disinilah batas kalimat yang ditampilkan di halaman utama. Setelah itu klik publish untuk menerbitkan postingan.
  • Berikutnya adalah masuk ke Layout atau Tata Letak. Klik link Edit pada Blog Posts.
Akan muncul jendela baru seperti ini.
  • Masukkan jumlah postingan di halaman utama yang dikehendaki. Idealnya 5 sampai 7 postingan saja agar tidak terlalu berat saat loading. Jika sobat tidak suka dengan kata “read more,” di bagian ini bisa diganti dengan kata lain semisal “baca selengkapnya,” “artikel lengkap” dsb.
Klik save atau simpan jika sudah selesai. Selamat, fitur readmore di halaman utama sobat sudah jadi.
  
Catatan:

Fungsi read more ini hanya muncul pada artikel yang dibuat, sedangkan pada artikel lainnya tetap tampil utuh. Sebaiknya editlah empat atau lima artikel sebelumnya untuk dimasukkan fitur ini. Caranya sama dengan langkah diatas.

Satu-satunya kelemahan cara ini adalah kita mesti mengklik ikon jump break ketika menulis artikel. Namun hal ini seharusnya tidak begitu merepotkan, bukan? Selamat mencoba.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Template by:

tria33 Blog Templates