Tuesday 21 May 2013

Manfaat Jus Cherry Cegah Ngantuk di Siang Hari



Jus buah memang banyak memberikan manfaat terhadap tubuh kita. Oleh karena itu, mengkonsumsi buah dan ntuk kali ini saya akan mencoba memeberi informasi tentang Manfaat Jus Cherry Cegah Ngantuk di Siang Hari. Siang hari yang panas serta aktifitas yang padat kadang bisa membuat seseorang menjadi mengantuk. Bila rasa ngantuk datang, pekerjaan pun jadi malas untuk diselesaikan. Namun anda tak perlu khawatir, karena rasa kantuk bisa diatasi dengan minum jus Cherry. Berikut info selengkapnya tentang Manfaat Jus Cherry Cegah Ngantuk di Siang Hari

Buah cherry bukan cuma berguna untuk menghias kue tart, tetapi juga sangat bermanfaat ketika dibuat jus. Segelas jus buah cherry bisa memperbaiki kulitas dan juga durasi tidur malam, sehingga tidak merasa kantuk pada siang harinya.

Sebuah penelitian di Northumbria University menunjukkan bahwa jus cherry berkhasiat meningkatkan produksi hormon melatonin. Hornom ini berfungsi untuk mengatur ritme sirkardian, yang berhubungan dengan pola tidur dan kemampuan tubuh membedakan siang dan malam.

Makin tinggi kadar melatonin di dalam tubuh, seseorang akan lebih mudah terlelap dan ketika tidur juga akan lebih puas. Secara umum kualitas tidurnya meningkat, sehingga saat terbangun tubuhnya terasa lebih bgar dan bersemangat, serta tidak mudah merasa letih.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr Gly Howatson tersebut melibatkan 30 relawan yang dibagi menjadi 3 kelompok. Salah satunya mendapat 30 mL jus cherry 2 kali sehari, sedagnkan yang lainnya emndapat kue tart rasa cherry serta plasebo sebagai pembanding.

Setelah 1 minggu, Dr Howatson melakukan pemeriksaan urine pada para partisipan. Ternyata, partisipan yang mengonsumsi jus cherry selama seminggu memiliki kadar melatonin 15-16 persen lebih tinggi dibandingkan kelompok yang hanya mendapatkan plasebo.

Selain melakukan pemeriksaan urine, Dr Howatson juga mengamati pola tidur partisipan dengan alat bernama actigraphy. Dikutip dari Telegraph, Rabu (2/11/2011), fungsi alat ini adalah memonitor pola tidur dan merekam jika selama tidur sempat terbangun atau gelisah karena tidak nyenyak.

Hasilnya menunjukkan, partisipan yang minum jus cherry megnhabiskan waktu rata-rata 15 menit lebih lama di tempat tidur dan secara umum waktu tidurnya lebih panjang 25 menit. Selain itu, secara umum kualitas tidurnya meningkat sekitar 5-6 persen.

Menurut pengamatan, partisipan yang mengonsumsi jus cherry juga lebih jarang merasakan kantuk di siang harinya sehingga dalam bekerja menjadi lebih produktif. Dr Howatson meyakini, jus cherry bisa menjadi solusi bagi orang-orang yang mengalami insomnia, jetlag atau sering masuk malam.

Related Post:

Comments
0 Comments

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Template by:

tria33 Blog Templates